Subscribe:

Minggu, 22 Juli 2012

Misteri dibalik Lukisan Leonardo Da Vinci "Monalisa"


Sang Penemu.com@ Ok Sang Penemu kembali hadir dalam tema penemu kembali. Kali ini kita akan membahas Leanardo da Vinci yang terkenal dengan lukisan Monalisanya. Ok, langsung saja ke materi

 
Leanardo da Vinci, seorang seniman terkenal yang lahir di Vinci, propinsi Firenze, Italia, 15 April 1452 dan meninggal di Clos Luce, Prancis 2 Mei 1519 pada umur 67 tahun. Semasa hidupnya, dia menghabiskan kerja kerasnya dalam dunia seni. Nah karya seni Leanardo yang akan saya bahas yaitu tentang lukisan Monalisa yang sampai sekarang masih menjadi misteri yang belum terkuakan. Coba mari kita kupas misterinya, lanjut.

Memang, lukisan ini mempunyai sifat enigmatik atau misterius. Mulai dari raut wajahnya, pose tubuhnya, senyumannya, dan latar tempat yang digunakan. Tetapi, selain saya, banyak juga lho yang berusaha sangat keras menguakkan rahasia dari lukisan yang satu ini. Beberapa orang juga pernah mengatakan, siapa dibalik semua itu?atau siapa yang digambar Leanardo saat itu?

Banyak ilmuan yang mengatakan, Monalisa adalah Lisa Gheradini yang menjadi istri seorang pedagang sutra kaya yang dilukiskan oleh Leanardo da Vinci. Berdasarkan akte kelahirannya, Gheradini meninggal tahun 1542 di Florida yang saat ini telah digali untuk penilitian dari lukisan Monalisa. Penyebab kematian Gheradini juga mesterius. Jadi mempersulit ilmuan menghubungkan Lisa Gheradini dan lukisan Monalisa. Mungkin Gheradini adalah salah satu model dari Leanardo da Vinci.

Namun dari pihak yang lain mengungkapkan Monalisa adalah Leanardo da Vinci yang diubah raut muka wajahnya. Memang, terdapat banyak misteri di muka Monalisa, terutama mata. Jika diperdekat menggunakan mikroskop, terdapat tanda garis yang sangat kecil yang kemungkinan tanda yang dibuat Leonardo.

Tetapi misteri tetaplah misteri, Leanardo melukis Monalisa juga mempunyai tujuannya walaupun tujuannya masih diragukan. Biarlah Monalisa terus bermakna di hati kita, kalau hidup mempunyai tujuan

Namun dari pihak yang lain mengungkapkan Monalisa adalah Leanardo da Vinci yang diubah raut muka wajahnya. Memang, terdapat banyak misteri di muka Monalisa, terutama mata. Jika diperdekat menggunakan mikroskop, terdapat tanda garis yang sangat kecil yang kemungkinan tanda yang dibuat Leonardo.

Tetapi misteri tetaplah misteri, Leanardo melukis Monalisa juga mempunyai tujuannya walaupun tujuannya masih diragukan. Biarlah Monalisa terus bermakna di hati kita, kalau hidup mempunyai tujuan

SALUT DEH BUAT LEONARDO DA VINCI






Konservasi Sumber Daya Air


Air selalu menjadfi kebutuhan bagi seluruh makhluk hidup di dunia ini.  Namun, keadaan air saat ini sangat menghawatirkan, apa yang terjadi ?


1.        Air, Penguasa Bumi Sumber Daya Alam

Ya, peran air sebenarnya sangat besar dan penting. Air bisa dibagaikan seorang pahlawan dalam sebuah cerita. Apa saja yang dilakukan sumber daya air ?
Fakta Membuktikan :
 2/3 bagian dari bumi adalah lautan yang tidak lain lagi adalah AIR
Dalam tubuh manusia, 60% adalah AIR
Mengapa oksigen yang kita hirup tidak pernah habis ? Selain dari bantuan Energi Matahari saat fotosintesis tumbuhan, salah satu bahan yang dibutuhkan adalah AIR. Berarti AIR telah membantu kita membantu kita bernafas
    Apa yang membuat adanya garam pasir ? Ya, tidak salah lagi itu adalah AIR dari pantai yang disaring dan dijemur di tengah-tengah panas matahari hingga kering dan memunculkan butiran-butiran kecil seperti pasir yang akhirnya disebut garam pasir
Tanpa AIR, tidak ada minum-minuman yang bermacam-macam di dunia ini.  Seperti the, kopi, susu, jus dan lain sebagainya. Karena semua itu berasal dari AIR lalu dilarutkan dengan bahan-bahan tertentu

Memang benar, sumber daya air mempunyai peran yang sangat besar. Tetapi, saat ini peran-peran itu selalu tersendat oleh masalah-masalah yang juga mengganggu bumi. Apa yang terjadi ?

2.       Masalah Sumber Daya Air yang Sampai Saat Ini Masih Merajalela

Belakangan masalah satu ini marak disebut-disebut masalah pada abad 21 yang belum bisa diselesaikan secara pasti. Bahkan dengan gejala-gejalanya saja, sudah bisa merebah hingga ke penjuru dunia. Tidak salah lagi yaitu Global Warming atau pencemaran lingkungan. 

Tapi apa hubungannya Global Warming dan Sumber Daya Air ? Ok jadi begini, sejak abad 20 tepatnya sekitar era 1990-an Global Warming  sudah mulai muncul dari gejalanya karena saat itu sistem perkembangan IT dan globalisasi sudah merebah hingga ke seluruh dunia tetapi karena terus diproduksi makanya Global Warming juga ikut berkembang.

Tak luput dengan Sumber Daya Air. Air sangat jelas berhubungan dengan Global Warming. Pasalnya, sistem Global Warming berkembang melewati lingkungan saat ini. Contohnya pabrik-pabrik setiap pada proses pembakaran, selalu membuang asap sisa pembakaran ke angkasa dengan seenaknya. Tanpa disadari, karena setiap pabrik di seluruh dunia selalu membuang asap di angkasa, asap itu merusak lapisan ozon yang menyebabkan sinar ultraviolet matahari memancar tidak stabil dan suhu bumi terus menerus meningkat di setiap tahun atau proses awalnya Efek Rumah Kaca.

Nah, Efek Rumah Kaca itulah yang menyebabkan berkurangnya sumber mata air di berbagai daerah. Misalnya NTT, berdasarkan penilitian 2008, jumlah penduduk NTT yang terlayani air minum baru sekitar 23,15 persen lebih atau 1.034.260 jiwa, terdiri dari penduduk perekotaan 25,05 persen dan penduduk perdesaan 19,2 persen (Sumber Pos Kupang.com -adv/edited) Bisa diartikan kekeringan disana sudah mengering hingga ke seluruh daerahnya.

Selain dapat menyebabkan kekeringan sumber mata air, ada juga yang karena efek Global Warming yang terlalu kuat juga mengakibatkan naiknya jumlah air laut di daerah–daerah tertentu. Saat ini di Kutub Utara, dimana jumlah es dan gletser-gletser disana sudah sangat berkurang dari jumlah sebelumnya. Kemudian setelah mengalami efek Global Warming selama bertahun-bertahun, bongkahan es pada gunung es selalu berjatuhan dan mencair terus-menerus hingga gunung es selalu berkurang dari ketinggiannya semula. Kalau begitu, apa dampak yang ditimbulkan?

Dampaknya adalah hewan yang hidup disana. Semakin lama habitatnya rusak, semakin mereka juga tidak bisa menyesuaikan diri kepada habitatnya sendiri. Akibatnya, jumlah mereka pun terus berkurang dan menyebabkan mereka menjadi hewan yang langka. Begitu juga dengan Sumber Daya Air, kadar air disana terus naik dan mengikuti arus di seluruh dunia dan itu sangat berbahaya bagi seluruh umat manusia. Masalahnya jika air terus menerus naik itu menyebabkan daratan yang disekitarnya tenggelam karena air terus menaiki daratan hingga titik tertinggi daratan itu. Kemudian yang dikhawatirkan, jika daratan atau pulau itu ada penghuninya bagaimana jadinya ?

Selain dampak dari Efek Rumah Kaca, sebenarnya masih banyak dampak-dampak yang mengancam Sumber Daya Air. Contohnya kebocoran minyak bumi di laut, membuang limbah ke sungai atau laut dan lain sebagainya. Namun, siapa dibalik semua itu? Tidak lain lagi, siapa lagi kalau bukan ulah manusia. Sebenarnya mereka hanya memikirkan semua pekerjaannya tanpa melihat lingkungan di sekitarnya. Misalnya hutan, karena manusia hanya memikirkan pekerjaannya akhirnya hutan yang rindang dirusak, ditebangi, dibakar, disemprot bahan berbahaya dan berbagai macam lainnya. Tanpa disadari, hutan yang sudah gundul dan rusak akhirnya tidak bisa menyerap air saat hujan dan membanjiri lingkungan disekitarnya.

Tetapi apa yang diterima manusia yang merusak hutan itu ? mereka akhirnya mendapatkan untung dari kayu pohon yang ditebanginya dan biasanya tidak pernah hutan itu seperti semula tanpa izin (ILEGAL). Namun apa semua manusia berbuat seenaknya begitu ? Tidak, ada juga manusia yang mencintai lingkungan dan Sumber Daya Air. Bagaimana caranya ?

3.     Mari Kita Koservasi Sumber Daya Air !

Manusia yang bijak adalah manusia yang memberikan warna baru pada dunia di sekitarnya. Begitu juga pada Sumber Daya Air, sebagai manusia yang bijak, sudah sepantasnya kita melakukan pencegahan dari dampak yang ditimbulkan dari Global Warming.

Pada saat  ini, kita akan membahas konservasi atau upaya yang harus kita lakukan untuk Sumber Daya Air. Beberapa tips-tips ini mungkin bisa membantu kita menjaga Sumber Daya Air untuk kedepannya.
Gunakan air seperlunya saja, Ya, yang penting air itu bisa sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari
Tanpa disadari, saat kita buang air besar (BAB) di kamar mandi, kita bisa menghabiskan air sebanyak 10 liter lebih atau sekitar 5 galon lebih
Jika kita punya pompa air, sebaiknya kita perhatikan dalam pemakainnya. Jangan pernah lupa untuk mematikannya, dan jangan terlalu sering menggunakannya. Selain dibilang boros, energi listrik yang dibutuhkan sangat besar
Selalu mensupport kepada organisasi-organisasi go green, salah satunya WWF (World Wildlife Fund) dan progam-progam hemat air oleh pemerintah, misalnya reboisasi
Sudah saatnya kita mulai tegar dan mulai berfikir bijak dengan memberikan konservasi kepada Sumber Daya Air. Mari kita selamatkan Sumber Daya Air dari cengkraman Global Warming dan Efek Rumah Kaca dari sekarang !

Kalau kita tidak bertindak sekarang, sampai kapan kita harus menunggu ?


Berbagi Pengalaman Tentang Peer Education tentang Rokok



Sang Penemu.com@ Hallo kawan..... kali ini aku mau bahas nih tentang kelompok anti perokok yang sekarang masih berjalan. Namanya Peer Education Anti Rokok UGM, yang bersemboyan "Berjuang Membela Para Perokok Pasif Untuk Dunia Yang Lebih Sehat". Sebenernya sih itu semboyan aku sendiri sih, tetapi aku anggap jadi semboyan resmi Peer Education. Peer Education Anti Rokok ini dikembangkan oleh Mahasiswa dan Dosen di Fakultas Kedokteran UGM. Sekolahku beruntung ikut menjadi bagiannya, yaitu saya dan Mas Immaduddin Dhia Ul-Fath yang sekarang memegang jabatan sebagai ketua PR IPM SMP Muhammadiyah 1 YK yang nantinya juga akan digantikan oleh aku Januari 2012. Nanti aku ceritakan pelantikannya, oke lanjut.

Perlu diketahui, kata Peer Education berartikan Teman Sebaya yang merupakan sebuah pendekatan untuk promosi kesehatan, di mana anggota masyarakat yang didukung untuk mempromosikan kesehatan meningkatkan perubahan antara rekan-rekan mereka. Jadi Peer Education atau bisa dibilang Teman Sebaya sangat dikembangkan di belahan bumi bagian utara maupun selatan. Biasanya Peer Education sangat populer menangani pada bagian HIV AIDS, Seks, Rokok, Penggunaan Tembakau atau Akhohol dan lain sebagainya. Kita menangani bagian Rokok

Tetapi pada saat Konferensi Peer Education kemarin, sayang hanya dijelaskan selama setengah hari saja. Tetapi penjelasan yang diarahkan oleh Narasumber sangat singkat tetapi jelas, juga ada praktek memberitahukan orang yang sedang merokok untuk diberitahu apa akibatnya, ada intropeksi diri bagaimana reaksi yang diberikan oleh perokok aktif saat kamu beritahu akibatnya, makan dan minum gratis, dan berbagai penjelasan lainnya.

Maaf bagi sekarang yang masih merokok aku hanya memberi sekedar informasi tentang rokok karena ini adalah tugas kami :

Perlu diketahui, bahwa rokok itu menjadi fenomena yang selama ini terus menjalar pada era globalisasi ini. Mulai dari Rokok Filter, Rokok Kretek,dan sebagainya.

Dalam Kandungan Rokok, terdapat banyak zat-zat yang dapat berbahaya bagi manusia, saya mendapatkan zat-zatnya dari salah satu media terkenal :
  • Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  • Tar, yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
  • Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  • Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  • Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  • Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  • Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  • Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil.

Nah, setelah kalian mengetahui apa saja yang terkandung dalam rokok, saya harap semuanya tahu tentang rokok dan mulai meninggalkannya bagi para perokok, terima kasih, Salam Sang Penemu!