Berbagi Pengalaman Tentang Peer Education tentang Rokok



Sang Penemu.com@ Hallo kawan..... kali ini aku mau bahas nih tentang kelompok anti perokok yang sekarang masih berjalan. Namanya Peer Education Anti Rokok UGM, yang bersemboyan "Berjuang Membela Para Perokok Pasif Untuk Dunia Yang Lebih Sehat". Sebenernya sih itu semboyan aku sendiri sih, tetapi aku anggap jadi semboyan resmi Peer Education. Peer Education Anti Rokok ini dikembangkan oleh Mahasiswa dan Dosen di Fakultas Kedokteran UGM. Sekolahku beruntung ikut menjadi bagiannya, yaitu saya dan Mas Immaduddin Dhia Ul-Fath yang sekarang memegang jabatan sebagai ketua PR IPM SMP Muhammadiyah 1 YK yang nantinya juga akan digantikan oleh aku Januari 2012. Nanti aku ceritakan pelantikannya, oke lanjut.

Perlu diketahui, kata Peer Education berartikan Teman Sebaya yang merupakan sebuah pendekatan untuk promosi kesehatan, di mana anggota masyarakat yang didukung untuk mempromosikan kesehatan meningkatkan perubahan antara rekan-rekan mereka. Jadi Peer Education atau bisa dibilang Teman Sebaya sangat dikembangkan di belahan bumi bagian utara maupun selatan. Biasanya Peer Education sangat populer menangani pada bagian HIV AIDS, Seks, Rokok, Penggunaan Tembakau atau Akhohol dan lain sebagainya. Kita menangani bagian Rokok

Tetapi pada saat Konferensi Peer Education kemarin, sayang hanya dijelaskan selama setengah hari saja. Tetapi penjelasan yang diarahkan oleh Narasumber sangat singkat tetapi jelas, juga ada praktek memberitahukan orang yang sedang merokok untuk diberitahu apa akibatnya, ada intropeksi diri bagaimana reaksi yang diberikan oleh perokok aktif saat kamu beritahu akibatnya, makan dan minum gratis, dan berbagai penjelasan lainnya.

Maaf bagi sekarang yang masih merokok aku hanya memberi sekedar informasi tentang rokok karena ini adalah tugas kami :

Perlu diketahui, bahwa rokok itu menjadi fenomena yang selama ini terus menjalar pada era globalisasi ini. Mulai dari Rokok Filter, Rokok Kretek,dan sebagainya.

Dalam Kandungan Rokok, terdapat banyak zat-zat yang dapat berbahaya bagi manusia, saya mendapatkan zat-zatnya dari salah satu media terkenal :
  • Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  • Tar, yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
  • Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  • Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  • Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  • Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  • Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  • Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil.

Nah, setelah kalian mengetahui apa saja yang terkandung dalam rokok, saya harap semuanya tahu tentang rokok dan mulai meninggalkannya bagi para perokok, terima kasih, Salam Sang Penemu!

Komentar

Postingan Populer